Minggu, 23 Juni 2013

Malam Nifsu Sya'ban



Assalamualaikum wr.wb.
Hey SoBlog ternyata nanti malam udah malam nifsu sya’ban. Malam ditutupnya buku amalan kita selama satu tahun ini. :( Sebelumnya aku minta maaf yang sebesar-besarnya ya kalau aku punya salah baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Sebagai manusia biasa, aku tidak luput dari berbuat salah.
Tapi sebelumnya kita ketahui dulu yuk arti dari nifsu sya’ban itu sendiri. Nisfu artinya pertengahan, maka malam Nisfu Sya'ban artinya malam pertengahan bulan Sya'ban. Kalau dirujuk kepada kalender Hijriyah, maka malam itu jatuh pada tanggal 14 Sya'ban karena pergantian tanggal sesuai penanggalan Hilaliyah atau yang meggunakan patokan rembulan adalah saat matahari terbenam atau  malam tiba.
Malam nifsu sya’ban sekarang bakalan beda dari malam nifsu sya’ban tahun-tahun sebelumnya. Aku tahun dulu malam nifsu sya’ban ada di rumah, seru dech pokoknya kalau dirumah itu. Kita ngaji bareng, baca surat Al-Fatihah dulu terus habis itu baca Yasin bareng-bareng 3 kali. Dan dilanjut berdo’a agar diberi ketetapan iman, umur yang panjang dan barokah serta rezeki yang berlimpah halal lagi baik serta di buku amal yang baru banyak sifat dan perilaku kita yang baik-baik. Habis itu kita bersalaman (sesama jenis) minta maaf atas segala kesalahan yang telah di perbuat. Tapi sekarang aku gak ada di rumah, masih ada di Surabaya. Disini kayak apa ya kalau malam nifsu sya’ban. Hmm,, bakalan rame dan seru juga nggak ya kayak di rumah??
Tapi sebenarnya katanya hal-hal seperti itu tidak diajarkan oleh Rasulullah, tapi kita dianjurkan untuk meramaikan malam Nisfu Sya'ban dengan cara memperbanyak ibadah, salat, zikir membaca al-Qur'an, berdo'a dan amal-amal salih lainnya secara sendiri-sendiri tidak perlu rombongan ngumpul di masjid sich katanya. Selebihnya tergantung keyakinan masing-masing. Wallahu a’alam.
*maaf tidak memposting hadist-hadist tentang malam nifsu sya'ban, soalnya ada yang bilang hadist yang berkaitan gak shahih , dll. (hadist-nya jadi perdebatan dan berbuntut panjang). Jadi kalian terserah mau ikut yang mana sob. Selama masih baik kenapa tidak ikut saja, benar gak? :)
Wassalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar